Pages

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA

Posted by Unknown on Friday, August 2, 2013

  1. DEFINISI
    1. SMS BCA adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung oleh Nasabah melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (Short Message Services).
    2. KODE AKSES SMS BCA adalah nomor identifikasi pribadi bagi Nasabah yang menggunakan fasilitas SMS BCA.
    3. Rekening adalah simpanan dana Nasabah dalam bentuk tabungan, giro perorangan dan atau deposito perorangan pada BCA.
    4. Kartu Kredit BCA adalah segala jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh BCA untuk Nasabah.
    5. Kartu ATM BCA adalah kartu yang diterbitkan oleh BCA yang dapat dipergunakan oleh Pemegang Kartu untuk melakukan transaksi perbankan tertentu melalui ATM BCA dan atau sarana lain yang ditentukan oleh BCA.
    6. Operator Selular adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telepon selular.
    7. SMS adalah pesan singkat dalam bentuk teks yang dapat diterima dan atau dikirimkan melalui telepon selular yang terlihat di layar telepon selular.
    8. Nasabah adalah pemilik rekening tabungan, giro perorangan, deposito perorangan dan atau Kartu Kredit BCA.
  2. REGISTRASI SMS BCA
    1. Setiap Nasabah yang memegang kartu ATM BCA berhak untuk menikmati fasilitas SMS BCA.
    2. Untuk dapat menggunakan fasilitas SMS BCA, Nasabah harus memiliki SIM Card dari Operator Selular tertentu dan KODE AKSES SMS BCA yang dipilih sendiri pada saat Nasabah melakukan registrasi di ATM BCA.
  3. KETENTUAN PENGGUNAAN
    1. Rekening yang dapat diakses melalui SMS BCA adalah semua rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi SMS BCA.
    2. Melalui SMS BCA, Nasabah dapat mengakses informasi mengenai :
      • rekening yang terhubung dengan Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi m-BCA
      • rekening Deposito yang menginduk pada nomor customer yang sama dengan rekening utama pada Kartu ATM BCA yang digunakan untuk registrasi SMS BCA
      • Kartu Kredit BCA
    3. Nasabah yang melakukan pendaftaran Kartu Kredit BCA pada layanan SMS BCA, secara otomatis dapat mengakses layanan informasi Kartu Kredit BCA pada layanan Internet Banking BCA (KlikBCA) dan m-BCA atau sebaliknya.
    4. Nasabah dapat menggunakan fasilitas SMS BCA untuk mendapatkan informasi perbankan yang telah ditentukan oleh BCA, dengan cara mengirimkan instruksi tertentu secara benar dan lengkap ke nomor tertentu yang telah ditentukan oleh BCA.
    5. Perintah/instruksi yang diberikan oleh Nasabah melalui SMS BCA hanya dapat dilakukan melalui nomor telepon selular Nasabah yang telah diregister di ATM BCA.
    6. Setiap instruksi dari Nasabah yang tersimpan pada pusat data BCA merupakan data yang benar dan merupakan bukti instruksi dari Nasabah kepada BCA untuk melakukan transaksi yang dimaksud, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    7. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi dari Nasabah sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan nomor telepon selular dan KODE AKSES SMS BCA dan untuk itu BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna nomor telepon selular dan KODE AKSES SMS BCA atau menilai maupun membuktikan ketetapan maupun kelengkapan instruksi dimaksud, dan oleh karena itu instruksi tersebut sah mengikat Nasabah dengan sebagaimana mestinya, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    8. Segala transaksi yang telah diinstruksikan kepada BCA oleh Nasabah tidak dapat dibatalkan.
    9. Untuk setiap instruksi dari Nasabah yang berhasil dilakukan oleh BCA, Nasabah akan mendapatkan informasi yang akan tersimpan di dalam Inbox, dengan ketentuan:
      • Inbox message tidak penuh.
      • Tidak ada gangguan pada jaringan komunikasi Operator Selular.
    10. BCA tidak akan melaksanakan instruksi yang terkait dengan transaksi finansial dari Nasabah, jika saldo Nasabah di BCA tidak mencukupi.
    11. Setiap informasi yang berhubungan dengan valuta asing, kurs yang berlaku adalah kurs TT dan Bank Notes yang berlaku di BCA.
    12. Catatan, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain merupakan alat bukti yang sah atas instruksi dari Nasabah yang terdapat pada BCA.
    13. Nasabah menyetujui keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti instruksi dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk catatan komputer atau bukti transaksi BCA, tape/cartridge, print out komputer, salinan atau bentuk penyimpanan informasi yang lain yang terdapat pada BCA, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan satu-satunya alat bukti yang sah atas transaksi-transaksi perbankan melalui SMS BCA, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.
    14. Apabila terdapat perbedaan antara informasi yang diterima Nasabah melalui SMS BCA dengan data yang terdapat pada BCA, maka Nasabah menyetujui bahwa data yang berlaku adalah data yang terdapat pada BCA.
    15. Dengan melakukan transaksi melalui SMS BCA, Nasabah mengakui semua komunikasi dan instruksi dari Nasabah yang diterima BCA akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
    16. Nasabah menyetujui pemberian data rekening Nasabah oleh BCA kepada pihak lain selama hal tersebut diperlukan dalam rangka pemberian layanan SMS BCA
    17. Untuk setiap transaksi, berhasil atau tidak, Operator Selular akan mengenakan biaya dengan cara mengurangi pulsa (untuk prepaid) atau menambah besar tagihan telepon selular (untuk postpaid).

      Besarnya biaya yang dibebankan berikut perubahannya akan diberitahukan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apapun.
  4. KODE AKSES SMS BCA DAN KEWAJIBAN NASABAH
    1. KODE AKSES SMS BCA hanya boleh digunakan oleh Nasabah yang bersangkutan.
    2. Nasabah wajib mengamankan KODE AKSES SMS BCA dengan cara:
      • Tidak memberitahukan KODE AKSES SMS BCA kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau tujuan lainnya termasuk kepada anggota keluarga atau sahabat.
      • Tidak menuliskan KODE AKSES SMS BCA pada meja, telepon selular, atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
      • Berhati-hati dalam menggunakan KODE AKSES SMS BCA, agar tidak terlihat oleh orang lain.
      • Tidak menggunakan nomor telepon selular yang diberikan oleh orang lain.
      • Tidak menggunakan KODE AKSES SMS BCA yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon, dan lain-lain.
    3. Segala penyalahgunaan KODE AKSES SMS BCA merupakan tanggung jawab Nasabah. Nasabah dengan ini membebaskan BCA dari segala tuntutan yang timbul, baik dari pihak lain maupun Nasabah sendiri sebagai akibat penyalahgunaan KODE AKSES SMS BCA.
    4. Penggunaan KODE AKSES SMS BCA pada fasilitas SMS BCA mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah.
    5. Nasabah diberikan kebebasan untuk membuat KODE AKSES SMS BCA sendiri, pada saat registrasi di ATM BCA.
    6. Bilamana SIM Card Nasabah hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, Nasabah harus memberitahukan kepada Cabang BCA terdekat atau melalui Halo BCA untuk memblokir/menutup layanan SMS BCA. Segala instruksi transaksi berdasarkan penggunaan nomor telepon selular dan KODE AKSES SMS BCA yang terjadi sebelum petugas yang berwenang dari BCA menerima pemberitahuan tersebut merupakan tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
  5. PEMBLOKIRAN SMS BCA
    1. SMS BCA akan diblokir jika Nasabah melakukan hal berikut.
      • Salah memasukkan KODE AKSES SMS BCA sebanyak tiga kali berturut-turut.
      • Mengajukan penggantian kartu ATM BCA.
      • Mengajukan pemblokiran kartu ATM BCA karena hilang atau dicuri.
      • Melaporkan SIM Card hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain.
    2. Apabila terjadi pemblokiran SMS BCA, maka Nasabah harus melakukan registrasi SMS BCA ulang di ATM BCA.
  6. FORCE MAJEURE

    Nasabah akan membebaskan BCA dari segala tuntutan apa pun, dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Nasabah baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan BCA termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan BCA.
  7. PENGAKHIRAN SMS BCA
    1. SMS BCA akan berakhir jika Nasabah mengajukan permohonan pengakhiran layanan SMS BCA kepada BCA, karena:
      • Nasabah mengakhiri penggunaan kartu ATM BCA atau nomor telepon selular.
      • Nasabah mengganti kartu ATM BCA atau nomor telepon selular.
    2. SMS BCA akan berakhir jika:
      • Nasabah menutup semua rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA.
      • Operator Selular mengakhiri nomor telepon selular Nasabah.
  8. LAIN-LAIN
    1. Nasabah dapat menghubungi BCA untuk menyampaikan keluhan/pengaduan kepada BCA sehubungan dengan layanan SMS BCA.
    2. Untuk masalah yang berkaitan dengan SIM Card, jaringan Operator Selular, tagihan penggunaan telepon selular, dan biaya SMS, Nasabah langsung menghubungi Operator Selular yang bersangkutan.
    3. BCA dapat mengubah syarat dan ketentuan ini setiap saat dengan pemberitahuan kepada Nasabah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun.
    4. Pihak yang menggunakan fasilitas SMS BCA tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan yang berlaku pada BCA serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang mengatur semua jasa atau fasilitas dan transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu ATM BCA, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan oleh BCA dalam bentuk dan melalui sarana apa pun

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment