Pages

BI: RI Masuki Era Inflasi Rendah

Posted by Unknown on Wednesday, July 26, 2017

Jakarta - Indonesia saat ini dinilai mulai memasuki era inflasi rendah. Bank Indonesia (BI) menyebutkan, dalam dua tahun terakhir, 2015 dan 2016 Indonesia mencatatkan inflasi di kisaran 3%.

Gubernur BI, Agus Martowardojo berharap, tahun ini diharapkan inflasi bisa di bawah 4%. "Kita harap inflasi Indonesia bisa seperti negara tetangga yang sudah di bawah 3%," kata Agus dalam acara Sarasehan di Gedung BI, Rabu (26/7/2017).
Agus menjelaskan, untuk mengelola inflasi perlu diperhatikan ketersediaan pangan yang selama ini menjadi sumber tekanan pada inflasi.

"Kedaulatan pangan dan menjaga ketersediaan pasokan pangan itu penting sekali untuk menjaga inflasi agar sesuai target," ujarnya.

Dia mengatakan, tim pengendali inflasi daerah (TPID) yang ditangani langsung oleh Gubernur dan koordinasi agar inflasi terkendali. Agus menyebut, sampai Juni 2017 inflasi nasional terjaga.

Dia menyebutkan, sejumlah provinsi inflasinya masih di atas 5% antara lain Riau, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Maluku.

"Tapi beberapa provinsi akan turun inflasinya," pungkas Agus. (hns/hns)
Sumber : www.detik.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment