Pages

Jokowi Gaet BRI Kembangkan Bisnis Eks PKL Tanah Abang

Posted by Unknown on Sunday, September 15, 2013


Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi bakal menyulap Blok G Tanah Abang menjadi sentra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah. Untuk mendukung upaya tersebut, Jokowi menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

"Kami ingin Tanah Abang jadi sentra primernya UMKM dari seluruh Indonesia," kata Jokowi dalam siaran pers yang disampaikan BRI, Senin (2/9/2013).

Jokowi mengatakan, UMKM yang berjualan di Blok G nanti antara lain pedagang pakaian muslim, handicraft, batik, garmen dan lainnya, dengan konsep Blok G sebagai pusat grosir.

Sebagaimana diketahui, Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat yang telah beroperasi sejak 1 September 2013, dengan kapasitas 968 kios. Jokowi menambahkan dengan segala kemudahan yang diberikan Pemprov DKI nantinya, para PKL diharapkan tidak lagi turun ke bantaran atau badan jalan untuk berjualan, dan nantinya para PKL juga akan dijadikan pedagang formal supaya statusnya sekelas dengan pedagang lama di Blok G. 

"Nantinya para konsumen bisa berwisata belanja, dengan konsep pusat grosir. Artinya dari situ bisa keluar yang namanya ekspor ke mana-mana pada segmen-segmen yang berbeda," ucap Jokowi. 

Upaya menjadikan blok G pasar Tanah Abang sebagai pusat grosir dan sentra UMKM ini dilakukan Jokowi sebagai bentuk pemberian kesempatan dan kenyamanan kepada pedagang UMKM. "Kan memang usaha kecil, usaha rumah tangga, usaha mikro perlu ruang pamer, showroom, perlu tempat untuk memasarkan produk, tidak hanya mal saja. Industri itu perlu cara-cara dan fasilitas seperti itu," tutur Jokowi.

Jokowi menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang telah berpengalaman dan fokus pada pembiayaan UMKM."Kami selalu siap mendukung langkah-langkah pemerintah, khususnya dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya pasca relokasi dan renovasi Pasar Blok G Tanah Abang," tambah Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali.

Terlebih, BRI akan menempatkan unit kerja terkecilnya yang menyasar pasar basah yakni Teras BRI untuk mendukung perekonomian pedagang Blok G Tanah Abang dengan memfasilitasi mereka dengan berbagai produk simpanan maupun pinjaman mikro. Teras BRI diharapkan dapat memfasilitasi berbagai keperluan dari para pedagang khususnya dalam transaksi finansial.

Saat ini, di Area Pasar Tanah Abang, BRI telah memiliki 1 Teras BRI yang sudah online yakni Teras BRI Pasar Tasik, dan untuk mendukung operasional Pasar Tanah Abang khususnya Blok G, BRI berencana menambah 2 lagi Teras BRI disana.

Segmen mikro memang menjadi magnet luar biasa bagi industri perbankan. Selain terbukti lebih tahan terhadap guncangan krisis yang melanda, seperti pada 1997 dan 2008, UMKM juga menjadi penyangga ekonomi rakyat.

sumber : detikfinance

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment